Cara Memasang Domain Gratis Freenom ke Blogspot

MyAdmin MyAdmin

Cara Memasang Domain Gratis Freenom ke Blogspot

Cara Manage Dns Domain Di freenom
Sekarang saya akan share bagaimana cara pengaturan DNS dari freenom ke blogger. Inilah langkah yang paling inti untuk teman-teman yang punya Domain TLD sendiri
Karena tutorial yang ada di mbah google saat ini agak berbeda dengan yang ada di freenom, karena saya kemarin mengalaminya sendiri kesulitan untuk men-setting DNS-nya dan juga pertanyaan dari sahabat el-Syada semua, maka saya ingin berbagi tentang ini. Oke langsungKarena tutorial yang ada di mbah google saat ini agak berbeda dengan yang ada di freenom, karena saya kemarin mengalaminya sendiri kesulitan untuk men-setting DNS-nya dan juga pertanyaan dari sahabat el-Syada semua, maka saya ingin berbagi tentang ini. Oke langsung
Selanjutnya, mari kita simak cara menghubungkan domain gratis freenom ke blogspot:

1. Buka Account freenom yang telah dibuat

2. Buka Account blogspot (blogger) dan masuk ke menu setelan

3. Pada menu setelan dasar, Siapkan URL Pihak ke-3 untuk Blog, tepat dibawah domain blogspot.

4. Selanjutnya, masukkan nama domain freenom yang telah saya buat www.tsucommunity.ga, kemudian klik simpan.

5. Maka akan muncul error URL, selanjutnya, copy satu persatu Host Name ke Manage DNS di Freenom.

Buka Freenom, My Domain --> Manage Domain dan Manage Freenom DNS

Masukkan Name (www dan nqfqweunomwu (bisa berubah-ubah) ke Host Name freenom.
Untuk Type pilih CNAME, TTL gak usah diubah kemudian target isi sesuai target Host Name Seperti gambar dibawah:
6. Setelah itu, masukkan Record IP Google. IP Google sebagai berikut:
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Masukkan IP tersebut pada kolom target. Dengan Type = A. Seperti gambar dibawah ini.
Selanjutnya klik Simpan, jika semua benar maka akan muncul notifikasi Successfully.
7. Kembali ke blogger, setelah setelan sudah selesai, maka tunggu 2-5 menit. Kemudian simpan perubahan domain. Jika masih error, tunggu beberapa menit dan simpan lagi.

8. Jika domain sudah berubah, selanjutnya edit kembali domain pihat ke-3 dan centang alihkan domain kamu, misal tsucommunity.ga ke www.tsucommunity.ga. Ini bertujuan ketika seseorang akses tanpa www didepan, maka otomatis langsung direct ke www. Jangan lupa simpan lagi.

9. Pemasangan domain telah berhasil silahkan kamu bisa coba cek domain www.tsucommunity.ga
Demikian, tutorial mengenai Cara Memasang Domain Gratis Freenom ke Blogspot, semoga dapat menambah pengetahuan kalian dalam dunia blogspot. Penulis mengharapkan kepada teman-teman untuk menyebarluaskan artikel ini baik media sosial maupun blogspot kalian dengan catatan menuliskan sumber artikel ini. Selamat mencoba !