Bacaan Doa Ruku dan Sujud Lengkap Dengan Arti Nya

Posted by maafsiapa maafsiapa
Bacaan Doa Ruku dan Sujud Lengkap Dengan Arti Nya

Doa Ruku dan Sujud - Bagi anda yang beragama islam membayar ibadah shalat merupakan wajib. sebagai seorang muslim anda menjalankan shalat 5kali dalam sehari Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya.jika di hitung rakaat nya full merupakan 17rakaat. jadi anda akan mengerjakan ruku sejumlah 17kali dan mengerjakan sujud sejumlah 34 sebab sujud dalam shalat sendiri 2kali sujud.

untuk doa ruku sendiri ada sekian banyak  macam laksana hal nya guna doa sujud pun memiliki sekian banyak  macam. bila kamu yang susah menghafal doa ruku dan sujud tidak terdapat yang terlampau panjang alias pendek-pendek. tahapan mula untuk menghafal nya kamu cukup mengulang-ulang bacaan doa lama-kelamaan nanti pun hafal. langsung saja berikut macam-macam doa ruku.

Macam-Macam Doa Ruku Beserta Arti Nya :

Doa Ruku Pertama

SUBHAANA RABBIYAL ‘AZHIIM

Yang memiliki makna : Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung”. Dibaca tiga kali. Bersumber dari hadits riwayat Imam Ahmad

Doa Ruku Kedua

SUBHAANA RABBIYAL ‘ADZIIMI WA BIHAMDIH

Yang memiliki makna : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya" Dibaca hingga tiga kali. Sumbernya hadis riwayat Abu Dawud

Doa Ruku Ketiga

SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WABIHAMDIKA ALLAHUMMAGH FIRLII

Yang memiliki makna : Maha Suci Engkau, ya Allah! Tuhanku, dan dengan pujiMu. Ya Allah! Ampunilah dosaku. Dibaca satu kali. Dari hadis riwayat Bukhari dan Muslim

Doa Ruku Keempat

SUBBUUHUN QUDDUUS, RABBUL MALAA-IKATI WAR RUUH

Yang memiliki makna : Mahasuci, Maha Qudus, Rabbnya semua malaikat dan ruh -yaitu malaikat Jibril-. Dari hadits riwayat Muslim dan Abu Dawud.

Doa Ruku Kelima

SUBHAANADZIL JABARUUTI WAL MALAKUUTI WAL KIB-RIYAA-I WAL ‘AZHAMAH

Yang memiliki makna : Maha Suci (Allah) Yang mempunyai Keperkasaan, Kerajaan, Kebesaran dan Keagungan Dari hadits riwayat An Nasai, Ahmad dan Abu Dawud

Doa Ruku Keenam

ALLAHUMMA LAKA RAKA’ATU, WABIKA AMANTU, WALAKA ASLAMTU, KHASYA’ULAKA SAM’II WABASHARII WA ‘AZHMII WA’ASHABII WA MASTUQALLA BIHI QADAMI

Yang memiliki makna : Ya Allah, untuk-Mu aku ruku’. Kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku menyerah. Pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, sarafku dan apa yang berdiri di atas dua tapak kakiku, sudah merunduk dengan khusyuk kepada-Mu. Dari hadits riwayat Muslim

Macam-Macam Doa Sujud Beserta Arti Nya :

Doa Sujud Pertama

SUBHAANA RABBIYAL A’LA

Yang memiliki makna : Maha Suci Tuhanku, Yang Maha Tinggi Dibaca tiga kali

Doa Sujud Kedua

SUBHAANA RABBIYAL ‘A'LA WA BIHAMDIH

Yang memiliki makna : Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan pujian untuk-Nya Dibaca 3 kali

Doa Sujud Ketiga

SUBHAANAKALLAHUMMA RABBANAA WABIHAMDIKA ALLAHUMMAGH FIRLII

Yang memiliki makna : Mahasuci Engkau wahai Tuhan dan dengan memuji-Mu ampunilah aku

Doa Sujud Keempat

SUBBUUHUN QUDDUUSUR RABBUL MALAA-IKATI WAR RUUH

Yang memiliki makna : Engkau Tuhan Yang Maha Suci, Maha Agung, Tuhan semua malaikat dan Jibril

Doa Sujud Kelima

SUBHAANADZIL JABARUUTI WAL MALAKUUTI WAL KIB-RIYAA-I WAL ‘AZHAMAH

Yang memiliki makna : Maha Suci (Allah) Yang mempunyai Keperkasaan, Kerajaan, Kebesaran dan Keagungan

Doa Sujud Keenam

ALLAHUMMA LAKA SAJADTU WABIKA AMANTU WA LAKA ASLAMTU SAJADA WAJHIYA LILLADZII KHALAQAHU WA SHAWWARAHU WA SYAQQAHU WA BA SHARAHU TABAARAKALLAHUMMA AHSANUL KHAALIQIIN

Yang memiliki makna : Ya Allah, untuk-Mu-lah aku bersujud, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu aku memberikan diri, wajahku bersujud untuk Tuhan yang menciptakannya, yang menyusun rupanya, yang membelah (memberikan) pendengarannya, penglihatannya, Maha Suci Allah sebaik baik Pencipta

Doa Sujud Ketujuh

ALLAHUMMAGHFIRLII DZANBII KULLAHU DIQQAHU WAJILLAHU WA AWWALAHU WA AAKHIRAHU WA ‘ALAA NIYYATUHU WA SIRRAHU

Yang memiliki makna : Ya Allah, ampunilah semua dosaku yang kecil dan besar, yang sudah lewat dan yang bakal datang, yang kulakukan dengan terang-terangan dan yang tersembunyi

Doa Sujud Kedelapan

ALLAHUMMA INNII A’UUDZU BIRIDHAAKA MIN SAKHATIKA WABIMU’AA FAATIKA MIN ‘UQUUBITIKA WA A’UUDZUBIKA MINKA LAA UHSHII TSANAA-AN ‘ALAIKA ANTA KAMAA ATSNAITA ‘ALA NAFSIKA

Yang memiliki makna : Ya Allah, bahwasannya aku berlindung kepad-aMu dengan keridhaan-Mu (agar selamat) dari kebencian-Mu, dan dengan keselamatan-Mu (agar terhindar) dari siksaan-Mu. Aku tidak memberi batas pujian kepada-Mu. Engkau (dengan kehormatan dan keagungan-Mu) ialah sebagaimana pujian-Mu untuk diri-Mu

Itulah bacaan doa ruku dan sujud beserta jenis artinya, kamu bisa memilih di antara doa ruku dan sujud di at as serta tidak boleh lupa kunjungi website poskajian guna mendapatkan lebih tidak sedikit doa-doa dan tidak boleh lupa pun untuk share tulisan ini untuk menolong perkembangan blog ini terimakasih semoga bermanfaat.

1 Comment

MyAdmin MyAdmin

Re: Bacaan Doa Ruku dan Sujud Lengkap Dengan Arti Nya

lengkap bangetz